Minggu, 03 November 2013

Tips Riset Sederhana Untuk Usaha Kecil Menengah

Lingkungan usaha yang kondusif menjadi idaman dari setiap wirausahawan, maka dari itu diperlukan pengenalan terhadap kondisi pasar. Di sinilah riset pasar diperlukan, lalu apa yang harus dilakukan untuk mengetahui kondisi pasar? Jika Anda ingin melakukan riset pasar, pertama yang harus dilakukan adalah mencari tahu 5W+1H.


Who (siapa)                                      
Ada pihak penjual ada juga pihak konsumen. Kenali mereka masing-masing. Perhatikan karakter dan kebutuhan konsumen. Setelah meriset karakter konsumen, Anda akan menemukan selera, daya beli, dan informasi lainnya yang Anda perlukan. Dari riset kebutuhan konsumen, Anda bisa melihat adanya tiga kategori kebutuhan konsumen yaitu primer, sekunder, dan tersier. Kemudian penjual atau competitor. Perhatikanlah cara mereka melayani pelanggan dan perhatikan juga respon konsumen.

What (apa)
Di pasar tentunya ada produk atau jasa yang diperjualbelikan. Perhatikan dua aspek yang utama, kualitas dan kuantitas. Seberapa tinggi kualitas yang diterima di pasar dan seberapa banyak pihak penjual yang bisa memenuhi jumlah kebutuhan konsumen.


Setelah memahami dua poin riset pasar di atas, Anda kemudian bisa melihat alasan (why) konsumen memilih penjual tertentu, faktor apa saja yang dinilai oleh konsumen. Kemudian Anda bisa melihat kapan (when) waktu yang tepat untuk Anda bisa punya peluang untuk masuk pasar. Anda juga akan bisa memposisikan dimana (where) posisi usaha Anda dan bagaimana (how) memasarkan strategi yang sesuai dengan usaha Anda. Kira-kira segitu ulasan riset pasar sederhana yang bisa Anda lakukan. Jangan lupa untuk selalu detail, makin detail makin baik. Siap untuk memulai?

Peluang usaha dengan modal kecil ??? ya Pulsa Jawabannya Daftar segera gratis

sumber:
See more at: http://www.belajarwirausaha.com/2013/11/tips-riset-sederhana-untuk-usaha-kecil.html#sthash.jMkoVvw7.dpuf

0 komentar:

Posting Komentar