Jumat, 13 Desember 2013

Cara setting modem Wavecom untuk koneksi internet

Pasti kawan kawan nyari tau gmana cara make modem wavecom untuk jadi modem koneksi internet. modem ini bukan hanya untuk sms center atau pun sender saja tapi bisa untuk modem koneksi internet juga.


 Kemarin 3 hari yang lalu, di tempat aku kerja dapat sebuah modem baru merk Wavecom Fastrack model M1306B, dari segi bentuk sih sangat meyakinkan bahwa modem tersebut sangat tangguh dan handal untuk berinternet ria. Body metal casing dengan warna putih kombinasi dengan warna biru dengan antena eksternal yang bisa di bongkar pasang apalagi dengan melihat ukuran yang lumayan gede jika ditaruh dalam saku semakin meyakinkan bahwa modem tersebut benar-benar bagus. Modem tersebut juga dilengkapi dengan kabel ekstensi USB serta mini CD driver.

Karena penasaran, aku langsung install modem tersebut di kompi aku, e…. ternyata setelah aku install ternyata tidak ada tambahan program apapun yang terjadi hanya ada penambahan hardware baru Prolific USB-to-Serial Comm Port di Port (COM & LPT). Lha terus modemnya ? kok ngak ada tambahan hardware baru ! terus kalau di gunakan untuk interneten gimana ? setting dial up bagaimana ? Waduh…. alat ini bikin pusing aja, pikirku….!   Dari pada makin pusing, aku tanya saja pada eyang Google bagaimana cara setting koneksinya ? ternyata banyak jawaban yang diberikan oleh eyang malah bagaimana cara membuat SMS gateway dengan modem tersebut. Waduh….. makin ngak karuan aja !, kemudian aku cari spesifikasi data teknis  modem tersebut dan ternyata memang benar bahwa modem Wavecom di dedikasikan untuk SMS Gateway.
Lantas… bagaimana cara agar modem Wavecom dapat digunakan untuk internet ?

Dari pertanyaan diatas baiklah, akan aku jelaskan langkah-langkah singkat setting koneksi internet via modem Wavecom Fastrack. Sebagai bahan infomasi setting ini aku gunakan untuk system operasi Windows  XP sedangkan untuk Windows 7 harap menyesuaikan.

1.    Instalasi Driver Wavecom 
Pastikan Wavecom Fastrack sudah di install dengan benar dan koneksikan modem tersebut dengan kompi anda. Jika anda belum mempunyai driver dapat download disini (format ISO).

2.    Instalasi Modem
Untuk kesamaan langkah, disini aku menggunakan layout classic view untuk control panel. Jika anda masih berada di layout category view maka pindah dengan mengklik switch to classic view.
 
Jika anda pertama kali memasuki menu ini, maka tampilan diatas tidak muncul dan anda akan diminta new location silahkan isikan untuk country/region set pada Indonesia dan area code tulis angka 62 sehingga akan muncul gambar diatas.
Pada tab modem tekan tombol add, maka akan muncul tampilan berikut :

  Tekan tombol Next hingga muncul tampilan berikut :

 
Pada bagian manufacture, pilih Standart Modem Types sedangkan pada bagian models, pilih Standart 56000 bps Modem kemudian tekan tombol Next, maka muncul tampilan berikut :
Pilih port number yang sesuai dengan port Prolific USB-to-Serial Comm Port (jika tidak muncul port yang sesuai anda dapat tekan tombol Back maka anda akan di bawa kembali kelangkah sebelumnya kemudian tekan tombol Next kembali sampai port yang sesuai ditampilkan). Pada kompi saya port Prolific USB-to-Serial Comm Port berada pada COM12 lihat pada gambar device manager.
Jika anda sudah memilih port tekan tombol Next hingga muncul informasi bahwa install modem anda telah selesai kemudian tekan tombol Finish. Sehingga pada Phone and Modem Option di tab modem akan mucul tambahan modem baru yaitu Standart 56000 bps Modem seperti pada gambar.
 
Sampai langkah ini modem belum dapat digunakan, masih terdapat beberapa tahapan lagi yaitu setting modem dan setting dial up

3.    Setting Modem
Setelah Standart 56000 bps Modem berhasil di install (gambar diatas), masih dalam menu Phone and Modem  pada langkah diatas, pilih Standart 56000 bps medem  kemudian tekan tombol Properties kemudian pilih tab Advance.

Pada extra setting ketik : at+cgdcont=1,”IP”,”3gprs”

 

Disini aku menggunkan provider 3 (three) dengan paket quota 1.2 GB per bulan. Untuk provider lain harap menyesuaikan :

XL : at+cgdcont=1,”IP”,”www.xlgprs.net”
Telkomsel Flash : at+cgdcont=1,”IP”,”flash”
Telkomsel Volume (12/kb) : at+cgdcont=1,”IP”,”telkomsel”
Indosat : at+cgdcont=1,”IP”,”indosatgprs”
Axis (NTS) : AT+cgdcont=1,”ip”,”AXIS”
Mentari : at+cgdcont=1,”ip”,”satelindogprs.com”

Selanjutnya agar modem dapat dikenali oleh kompi anda maka pada tab Diagnostik tekan tombol Query Modem hingga seperti gambar

 

Query akan melakukan proses komunikasi dengan modem, jika koneksi berhasil, maka modem dan kompi anda akan dapat berkomunikasi.
4.    Setting Dial Up Modem
Buka Control Panel :
  • Network Connections
  • Klik Create a new connection
  • New connection Wizard
  • Pilih Connect to the internet
  • Pilih Set up my connection manually
  • Pilih Connect using a dial-up modem
  • Pilih Modem yang sudah diinstall
  • Tulis ISP Name : three  (provider lain harap menyesuaikan)
  • Ketikan Phone number : *99#
  • Isikan Username dan Password sesuai dengan settingan Operator anda.
User name : 3data
Password : 3data
khusus untuk 3 (three) paket data, provider lain harap menyesuaikan
Selamat mencoba dan sukses selalu. jangan lupa di like FB kita yah

0 komentar:

Posting Komentar